Artikel


PRAYA- Dinas Perhubungan (Dishub) di Lombok Tengah (Loteng), mulai mensosialisasikan pembentukan forum lalu lintas dan angkutan jalan (FLLAJ) di seluruh kecamatan. Tujuannya, untuk menerangkan alur aduan yang disampaikan masyarakat, ke forum bersangkutan. Khususnya menyangkut lalu lintas, infrastruktur jalan raya, rambu lalu lintas dan angkutan kendaraan.

“ada masalah dengan hal itu, silahkan hubungi kami,” kata pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Loteng lalu Akhmad Sauki pada Lombok Post, kemaren (20/3) usai menggelar sosialisasi pembentukan Forum LLAJ di kantor Camat Batukliang.

Setiap aduan yang masuk, tekan Sauki Dishub akan menindaklanjuti, dengan mengajak Dinas dan Instansi terkait, yang masuk dalam forum yang dimaksud. “kebetulan, ketua forumnya dipimpin langsung Bupati HM Suhaili FT,” bebernya.

Jika keluhannya soal infrastruktur jalan raya misalnya, kata sauki maka forum akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). Sebaliknya, jika soal pengurusan surat izin mngemudi (SIM), maka tinggal komunikasi dengan Satlantas Polres setempat. Begitu seterusnya.

Prinsipnya, forum LLAJ ini dibentuk sebagai wahana sinergitas tugas pokok dan fungsi setiap penyelenggara lalu lintas. Ditingkat provinsi sudah ada,” kata Sauki.

Pembentukannya, terang Sauki dilandasi oleh ketentuan Undang-Undang Nomor 22 tahun 20019, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, Undang-Undang No. 12 tahun 2011, Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 dan Peraturan pemerintah (PP) 37 Tahun 2011. Tinggal menunggu penyusunan Raperdanya saja.

“sekali lagi, kalau ada masalah dengan jalan raya dan masalah dengan lalu lintas, silahkan hubungi kami. Bisa melalui Website, sms, telepon, email atau media masa, “ ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan sosialisasi pembentukan forum LLAJ itu sendiri akan menyasar 12 kecamatan di seluruh Gumi Tatas Tuhu Trasna, melibatkan seluruh kepala desa (Kades) dan lurah di 139 Desa/kelurahan yang ada. “insyaAllah, Infrastruktur jalan kabupaten di daerah kita tercinta ini, sebagian  besar mantap,” sambung Kabid Bina Marga Dinas PUPR Loteng Suwardi.

 

Sumber: Lombok Post

  • Bagikan