Artikel


MATARAM- PROGRAM HIBAH AUSTRALIAN-INDONESIA INFRASTRUCTURE GRANTS/AIIG Peningkatan Kinerja dan Pemeliharaan Jalan Provinsi Provincial Road Improvement and Maintenance (PRIM). 

Pembangunan di sektor jalan merupakan bagian penting dalam pembangunan nasional. Jalan merupakan prasarana moda transportasi utama di Indonesia. Terdapat banyak tantangan dan kendala yang dihadapi pemerintah dalam mewujudkan target pembangunan di sektor jalan antara lain adalah masalah keterbatasan kemampuan dana untuk membiayai proyek-proyek tersebut, yang tidak hanya berkaitan dengan pembangunan jalan baru, namun juga untuk peningkatan kinerja dan pemeliharaan jalan yang ada baik jalan nasional maupun jalan daerah (Provinsi dan Kabupaten).


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Bina Marga berinisiasi untuk mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk dapat meningkatkan kinerja dan pemeliharaan jalan daerah melalui Program Hibah Peningkatan Kinerja dan Pemeliharaan Jalan Provinsi (PRIM). Dalam program tahun 2017 akan dilaksanakan percontohan penanganan jalan kabupaten (pilot program) di Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka peningkatan pola/hubungan kerja, kinerja jaringan jalan, dan kapasitas personil di tingkat kabupaten. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan mendorong Pemda untuk meningkatkan alokasi dana pada sektor jalan terutama pada pemeliharaan jalan. Kegiatan infrastruktur jalan daerah tersebut didanai dari Hibah berdasarkan Subsidiary Arrangement antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Australia (Subsidiary Arrangement between The Government of Australia and The Government of The Republic of Indonesia relating to the Australian-Indonesia Infrastructure Grants Program/AIIG) yang telah ditandatangani pada tanggal 26 April 2012 dan Amandemen pada tanggal 26 Oktober 2016. Berangkat dari inisiatif tersebut, Pemerintah Australia melalui Indonesia Infrastucture Initiative (IndII) dan Kemitraan Indonesia dan Australia untuk Infrastruktur (KIAT) memberikan bantuan hibah untuk proyek Peningkatan Kinerja dan Pemeliharaan Jalan Daerah (subnational road).


Buku Manual Manajemen Proyek (Project Management Manual/PMM Peningkatan Kinerja dan Pemeliharaan Jalan Provinsi ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi para pelaksana yang terkait dengan pengelolaan program ini di tingkat Pusat dan Daerah.

Download PMM_AMANDEMEN_4_PRIM-DGH_23012017_REVISI_31_Jan_2017A_clean_2.pdf

 

  • Bagikan