Artikel

TRAINING APLIKASI P/KRMS


Training penggunaan Aplikasi Provincial/Kabupaten Road Management System (P/KRMS) diperkenalkan kepada beberapa pengguna di luar pihak PRIM. Pengguna yang dilibatkan dalam Tranining tersebut berasal dari beberapa instansi, konsultan dan kontraktor, salah satunya adalah berasal dari Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) NTB yang diwakili oleh dua orang. Training dilakukan selama 3 hari berturut-turut diruang rapat pengga Dinas PU NTB.

Training hari pertama dimulai Tanggal 7 Desember 2016 dengan kegiatan pengenalan Aplikasi P/KRMS serta data-data yang akan diolah pada aplikasi. Lory Noya sebagai Trainer dari pihak PRIM pada kesempatan ini memberikan penjelasan data pada 3 aspek yaitu data DRP, Inventory dan Kondisi.

Training hari ke-dua dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2016 dengan kegiatan latihan pengambilan data langsung dari lapangan.  kegiatan terlebih dahulu diawali dengan melakukan kalibrasi ODO Meter kendaraan yang digunakan masing-masing peserta dengan lokasi jalan baypass BIL yang dianggap ideal. Setelah melakukan kalibrasi, peserta kemudian menuju Ruas jalan Kebon Ayu untuk latihan pengambilan data.

Training Hari ke-tiga yang berlangsung pada 9 Desember 2016 dilakukan dengan 2 sesi yaitu sesi pertama dengan kembali ke lapangan untuk mengambil data yang belum selesai pada hari ke-dua. dalam hal ini tim dari FLLAJ NTB mendapatkan ruas 23 dengan lokasi Sandik dan ruas 30 di Gunungsari. Setelah dilanjutkan dengan sesi ke-dua yaitu pengolahan data. pada pengolahan data, trainer memberikan penjelelasan secara bertahap untuk memasukkan data, termasuk melakukan analisa terhadap kesalahan data pada saat pengambilan dilapangan.

null

Trainer berharap dengan adanya pelatihan ini, peserta dapat melakukan analisa pekerjaan, estimasi biaya dan dapat memberikan laporan kepada pihak yang membutuhkan.

 

  • Bagikan