Artikel

Kegiatan Pelatihan Penguatan PKRMS


Mataram. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan PIUC-PRIM/KIAT telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penguatan PKRMS dimana pada pelatihan ini menggunakan modul pelatihan PKRMS versi terbaru. Kegiatan pelatihan tersebut dihadiri oleh Dinas PU Provinsi NTB, Dinas PU Kab/Kota se-NTB, FLLAJ Provinsi NTB, FLLAJ Lombok Barat, dan juga turut mengundang mahasiswa. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 17-21 Juni 2019 yang bertempat di ruang pertemuan Hotel Santika, Jalan Pejanggik No.32 Mataram.

Pada kegiatan tersebut, peserta harus membawa laptop/tablet yang sudah memiliki Microsoft Office 2016 khususnya Microsoft Access yang digunakan untuk membuat aplikasi PKRMS sehingga peserta tinggal menggunakan aplikasi PKRMS yang sudah disediakan oleh pihak panitia kegiatan.

Hari pertama, Senin, 17 Juni 2019, dilakukan pemaparan materi oleh Ibu Ety Rahmawati dari Dinas PU Provinsi NTB terkait pengantar manajemen aset jalan yang menjelaskan tentang hal - hal mendasar sebelum peserta turun langsung ke lapangan menggunakan aplikasi PKRMS. Pada hari yang sama, panitia membagi peserta kedalam 12 kelompok dimana untuk hari pertama masing-masing kelompok melakukan survei langsung dengan berjalan kaki di ruas yang sudah ditentukan oleh panitia.

Hari Kedua, Selasa, 18 Juni 2019, peserta berkumpul di Taman Sangkareang yang kemudian 12 kelompok yang sudah dibagi ditugaskan untuk melakukan survei ruas jalan menggunakan aplikasi PKRMS di masing-masing ruas yang sudah ditentukan oleh panitia. Adapun kegiatan survei yang dilakukan oleh masing-masin kelompok adalah proses kalibrasi kendaraan, survei DRP (Data Referency Point), survei inventarisasi jalan, survei kondisi jalan, dan juga survei lalu lintas MCO. 

Hari ketiga dan keempat, kegiatan yang dilakukan adalah melakukan input data survei ruas jalan yang sudah didapatkan dihari kedua ke dalam aplikasi PKRMS yang kemudian dilanjutkan dengan mengintall aplikasi QGIS dan Mapsource untuk keperluan pemetaan ruas jalan hasil survei yang sudah dilakukan oleh masing-masing kelompok.

Hari kelima, Jum'at, 21 Juni 2019, dilakukan proses analisis data survei dan pemrograman yang dilakukan menggunakan aplikasi PKRMS berdasarkan data yang sudah dimasukkan ke dalam aplikasi yang digunakan untuk proses simulasi perencanaan tindak lanjut dari kegiatan survei ruas jalan yang dilakukan. Kegiatan selanjutnya adalah pembuatan laporan beserta proses pemetaan dari data tracking dan waypoint GPS yang digunakan saat melakuakan survei ruas jalan.

Kegiatan pelatihan penguatan PKRMS kali ini dinilai berjalan dengan lancar dan sukses, hal tersebut dapat dilihat pada papan penilaian peserta terkait proses yang berlangsung selama kegiatan pelatihan. Selain itu berdasarkan pemaparan panitia, kegiatan pelatihan PKRMS kali ini merupakan pelatihan pertama yang menggunakan data hasil survei ruas jalan peserta sebagai data yang diolah oleh aplikasi PKRMS sehingga data cadangan yang disiapkan oleh panitia apabila data hasil survei peserta tidak sesuai dengan keinginan tidak digunakan.

 

"Jangan lupa follow instagram kami di @forumllaj.provntb dan install aplikasi pengaduan kami "Pelor Mas" yang sudah tersedia di Playstore. Ayo di subscribe dan di tonton video channel youtube kami di https://www.youtube.com/channel/UC1BJ-_IgH07VyWf5gkT9juw ".

Terima Kasih wink

  • Bagikan