Artikel


Mataram. Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali meyelenggarakan kegiatan Abdi  Yasa Teladan untuk tahun 2018. Kegiatan tersebut Tujuan Pemilihan Abdi Yasa Teladan diselenggarakan dalam rangka mewujudkan pelayanan jasa angkutan yang baik melalui Awak Kendaraan Umum yang berkualitas, berdisiplin dan bertanggung jawab serta mendorong peningkatan kualitas dan kompetensi pengemudi angkutan umum dalam profesi yang digelutinya.

Pelaksanaan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018 dilaksanakan selama 5 (lima) hari sebanyak 40 (Empat Puluh) jam pelajaran yaitu pada tanggal 11 s.d 15 September 2018 bertempat di Puri Indah Hotel & Convention, Jl. Sriwijaya No.132, Cakranegara, Kota Mataram. Peserta Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat Provinsi NTB Tahun 2018 di Nusa Tenggara Barat sebanyak 20 (dua puluh) orang peserta yang terdiri dari perwakilan:

  1. Kota Mataram sebanyak 6 (enam) orang;
  2. Kabupaten Lombok Barat sebanyak 2 (dua) orang;
  3. Kabupaten Lombok Tengah sebanyak 2 (dua) orang;
  4. Kabupaten Lombok Timur sebanyak 2 (dua) orang;
  5. Kabupaten Lombok Utara sebanyak 2 (dua) orang;
  6. Kabupaten Bima sebanyak 2 (dua) orang
  7. Kabupaten Dompu sebanyak 2 (dua) orang.
  8. Kabupaten Sumbawa sebanyak 2 (dua) orang

Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan materi dengan Narasumber/Pembicara berasal dari Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Kepolisian Daerah NTB, Dikpora Provinsi NTB, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, PT. Jasa Raharja Cabang NTB dan  DPD Organda NTB. sedangkan materi yang disampaikan terdiri dari 13 pokok materi yaitu:

  1. Materi Perundang-undangan lalu lintas angkutan jalan:
  2. Materi Keselamatan Transportasi Darat;
  3. Materi Tata Cara Berlalu Lintas di Jalan;
  4. Materi Pelayanan Angkutan Umum;
  5. Materi Laik Jalan Kendaraan Bermotor;
  6. Materi Permasalahan lalu lintas, Penegakan Hukum, Persyaratan dan Prosedur memperoleh SIM.
  7. Materi Uji Keterampilan Pengemudi
  8. Materi Outbond
  9. Materi Kesehatan (Kondisi Fisik dan Mental) manusia dan Pengaruh alkohol dan obat-obatan terlarang terhadap keselamatan berlalu lintas di jalan dan Tips-tips persiapan kesehatan sebelum dan disaat bekendara
  10. Materi Asuransi
  11. Materi Organda
  12. Ujian Praktek Mengemudi
  13. Ujian tertulis terhadap penguasaan materi yang telah diberikan oleh Narasumber/Pembicara.

Untuk pemenang akan terlebih dahulu dilakukan evaluasi dan akan ditetapkan 2 pemenang yang  akan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat Tingkat Nasional di Jakarta pada tanggal 24 s.d 28 September Tahun 2018.

                                            null

                                            null

  • Bagikan