Artikel


Mataram. Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) NTB, hari ini Kamis 8 Februari 2018 melakukan kunjungan kerja ke media cetak Lombok Post. dalam kunjungan tersebut  Wakil Direktur utama Lombok Post  Abdul Muis atau akrab disapa Cak Amu menyambut kedatangan anggota FLLAJ NTB.

Dalam sambutannya Cak Amu mengucapkan selamat datang atas kunjungan FLLAJ NTB ke Lombok Post.  Lombok Post sangat mengapresiasi adanya FLLAJ mengingat peran FLLAJ di NTB akan semakin dibutuhkan kedepannya yang dibebakan oleh transportasi akan semakin padat. sebagai informasi kepada FLLAJ NTB, Cak Amu menyampaikan bahwa Lombok Pos juga pernah melakukan kerjasama dengan Polda untuk melakukan kampanye Safety Riding,  sebagai bentuk apresiasi Lombok Pos terhadap keselamatan jalan. Lombok Post sangat bangga dengan kondisi jalan di NTB saat ini dan untuk mendukung hal tersebut, Lombok post berkomitmen untuk membantu dan siap bekerjasama dengan FLLAJ NTB untuk mewujudkan hal-hal yang lebih baik untuk keselmatan jalan.

Pemaparan berikutnya disampaikan oleh Koordinator FLLAJ NTB, Ir Asep Supriatna dengan menyampaikan tentang FLLAJ NTB secara umum mulai dari struktur FLLAJ serta tugas pokok dan fungsi FLLAJ.

Dalam sambutannya Koordinator Pokja menyampaikan tujuan kedatangan dari FLLAJ NTB yaitu untuk mengembangkan kerjasama dalam hal pengaduan masyarakat, mengingat sumber informasi pengaduan hingga saat ini belum dapat teridentifikasi secara gender. Karena hal inilah yang menjadi salah satu fokus dari FLLAJ NTB untuk dikembangkan pada tahun 2018. Tindakan kongkrit yang akan dilaksanakan oleh forum secara internal selain bekerja sama dengan Lombok Post juga akan melakukan sosialisasi yang menyasar khusus gender perempuan.

Pemaparan dari Ketua Pokja FLLAJ NTB wayan suteja dengan menyampaikan sejarah singkat bagaimana FLLAJ di NTB mulai aktif,  sejak dari adanya hibah dari PRIM hingga bagaimana manajmen FLLAJ berdasarkan undang-undang 22 tahun 2009. Sebagaimana dimaksud dalam PP 37 bahwa,  FLLAJ berperan untuk mengelaborasi beberapa SKPD terkait permasalahan jalan raya. sedangkan kompiosisi keanggotaan dalam forum terdiri dari 50% pemerintah dan 50% masyarakat. Hingga saat ini,  FLLAJ NTB dianggap sebagai salah satu FLLAJ teraktif di Indonesia, dan sudah mendapat apresiasi yang sangat baik dari KIAT-PRIM dengan memberikan intensif untuk menjalankan peran dan fungsinya hingga Tahun 2018.

Informasi yang tidak kalah pentingnya adalah, FLLAJ NTB mendapatkan amanah dengan adanya program Cost,  dimana FLLAJ NTB berkewajiban untuk memberikan transparansi anggaran kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui secara rinci tentang progress dan anggaran pada setiap proyek pekerjaan jalan.

Program Gesi juga menjadi tambahan program yang akan dijalankan oleh FLLAJ NTB, yang akan di elaborasi oleh FLLAJ kepada semua pihak.

Fllaj berharap,  Lombok Post dapat membantu FLLAJ NTB untuk mengambil peran bagaimana setiap pengaduan dapat teridentifikasi secara gender dan dapat membantu sosialisai adanya FLLAJ NTB mengingat adanya keterbatasan secara finansial dan SDM dari FLLAJ NTB.

Berdasarkan pemaparan dari Koordinator dan ketua pokja tersebut,  Cak Amu sebagai perwakilan Lombok Post akan menyiapkan ruang khusus dalam halaman Lombok Post yang bisa di atur baik secara kesepakatan atau hal lainnya. Sebagai tindak lanjut atas pertemuan ini,  Lombok Post akan mengadakan pertemuan lanjutan untuk menentukan secara teknis bagaimana implementasinya dengan membentuk tim secara khusus hingga dapat berkelanjutan secara baik. Dan Sebagai bentuk komitmen FLLAJ NTB dan Lombok Post dalam menjalankan tupoksinya, akan mengadakan pertemuan lanjutan untuk membicarakan hal-hal secara lebih rinci dan teknis, mengingat FLLAJ NTB dan Lombok Pos baru melakukan pertemuan pertama kalinya.

null

  • Bagikan