Artikel


Mataram- Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah mengikuti Konsultasi Publik untuk Paket Peningkatan Jalan Udayana Kota Mataram. Kegiatan konsultasi dilakukan di ruang rapat bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Barat. Konsultasi diadakan pada Hari Senin tanggal 5 Juni 2017.

Konsultasi Publik dipimpin oleh Suhirman selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lombok Wilayah I-II dengan memberikan penjelasan kepada peserta terkait dengan agenda kegiatan tersebut. Pemaparan  oleh Konsultan supervisi menjelaskan bahwa Paket Peningkatan Jalan Udayana Kota Mataram dengan nilai kontrak Rp.12.114.922.000 dengan panjang penanganan 1,95 Kilometer sebanyak 2 jalur akan dikontrak selama 6 bulan sejak 19 April sampai dengan 15 Oktober 2017. sementara jenis pekerjaan yang akan dilakukan adalah, Umum ( Mobilisasi, manajemen Keselamatan Lalu Lintas, Manajemen Mutu), Drainase, Pekerjaan tanah yang meliputi galian Perkerasan Beraspal tanpa cold miling machine dan galian perkerasan butir, timbunan pilihan dari sumber galian dan penyiapan badan jalan. Jenis pekerjaan yang lain adalah Perkerasan berbutir, perkerasan aspal, struktur pengembalian kondisi dan pekerjaan minor dan pekerjaan pemeliharaan rutin.

setelah pemaparan disampaikan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan masukan dari peserta yang hadir. Beberapa pertanyaan dan masukan adalah sebagai berikut:

  1. Telkom meminta penjelasan kepada konsultan supervisi terkait dengan standar tinggi dari Mainhole yang ada di Trotoar.
  2. Kusnadi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Mataram memberikan masukan terkait dengan pemasangan kramik yang sudah ada untuk kaum difabel, jika ada peningkatan Trotoar, maka keramik untuk kaum difabel agar tetap dipasang. Selain itu dia juga meminta kepada konsultan supervisi bahwa, khusus untuk kawasan dekat Islamic Center agar tidak diganggu dulu sampai pada akhir bulan Juni karena ada kegiatan yang dilakukan oleh Dinas PUPR Kota Mataram.
  3. Dinas perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Mataram memberikan masukan bahwa permasalahan lampu taman yang ada di Trotoar dekat islamic center  akan disesuaikan posisinya kembali agar lebih rapi. Akar pohon yang dapat membahayakan pengguna jalan dan menggangu kelancaran pelaksanaan pekerjaan akan dirapikan kembali. Dinas perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Mataram berharap sisa material pekerjaan tidak dimasukkan ke dalam Taman yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman yang ada di Taman. 
  4. Taufik dari Polres Kota Mataram meminta agar bukaan di Dasansari dilakukan evaluasi karena sering mengganggu lalu lintas, selain itu dia jua meminta solusi atas parkir yang ada di depan Kantor Imigrasi Mataram yang karena mengganggu fasilitas publik.

Kegiatan konsultasi publik ditutup oleh Sekertaris Daerah Kota Mataram dengan meminta kepada PPK untuk menjalin Koordinasi yang baik dengan semua pihak agar pekerjaan Peningkatan Jalan Udayana Kota Mataram dapat berjalan dengan lancar.     

 

  • Bagikan